Behind The Story of Yellow Vespa

Tulisan ini gua buat karena mendadak gw kangen berat dengan vespa di rumah. Gak kerasa dah 5 bulan sejak akhir 2012 hingga sekarang (mei 2013) gua gak nyemplak si-semok. Kangen berat euy, kangen suara cemprengnya, asep ngebulnya, miringin ke kanan tiap kali mau di-engkol biar bensinnya turun, waaahhh banyak dah pokoknya. Plus satu lagi kalo pagi-pagi gua manasin si-semok pasti bokap ngomel-ngomel “hoi.., jauh-jauh sana idupin, berisik, polusi“, setelah itu gua cuma cengar-cengir aja, dan lanjut bokap gw sibuk dengan Corolla 73 antik-nya. Apalagi semenjak ada ponakan gua si-Azka, gua ngengkol eh ni bocah gak mau kalah ikutan juga, hahaha…

Disini gua pengen nulis sedikit sejarah dan sedikit kenang-kenangan yang bisa gua tulis tentang vespa gw si-semok kuning. Bulan atau tahun kejadian mungkin sedikit meleset, wajarlah, namanya juga udah lama :P

Tahun 2004 : Abang gua beli vespa ini. Awalnya sih fine-fine aja, setelah beberapa bulan mulai datang berbagai masalah bertubi-tubi,, wkwkwk. Mulai dari crankshaft yang oblak, seal crankshaft yang bocor mulu, pengapian gak beres, de-el-el.

Tahun 2005 : Kalo gak salah sempet mau dijual, tapi sayang, soalnya paling laku kiloan, hahaha. Akhirnya di wariskan ke gua

lovely yellow vespa (1)

Kondisi vespa saat diwariskan ke gua

Bukan main senengnya gua saat keputusan vespa pindah tangan ke gua, tapi kesenangan itu hanya sesaat, karena berbagai masalah menunggu didepan,, wkwkkw. Singkat cerita mulai akrablah gua dengan yang namanya miringin ke kanan biar bensin turun dan bongkar busi karena kelamaan miring akhirnya bensinnya banjir, koplak!.

Nyokap gua seneng dianterin ke pasar deket rumah naek vespa, dek depan kan lebar, jadi muatannya banyak. haha. Diparkiran motor SMA gw, vespa gua paling nge-jreeng diantara motor jepang bebek, satria, bahkan ninja. Sorry bung, ini motor jebolan eropa!, made in italy punya boookk.

Tahun 2006 : gua mulai intens ke bengkel vespa deket SMA. Problem utama lagi-lagi soal seal crankshaft yang doyan jebol. Gilak, kadang sebulan sekali mesti dibelah sebelah mesinnya, buat pasang seal baru, kebayang kan ongkosnya berapa?, belum lagi seal as  roda yang juga bocor. Teromol rem gua pernah kelelap oli mesin, ngeblong dah jadinya #tepok jidat.

Sampai akhirnya gua muak, dan gak keurus lagi tuh vespa. Libur kenaikan kelas gw bertekad mau bongkar lagi ni vespa. Berbekal ilmu nekat dan support bokap tercinta gua turunin mesin, belah, bongkar habis. Kondisi mesin dan body benar-benar terpisah. Pertama gua fokus di mesin. Urutan sesuai dengan yang gua pelajari dari pengamatan di bengkel. kata bokap gua : “kalo gak beres, udah karungin aja mesinnya, bawa ke bengkel”, wkwkwk. Kalo di bengkel butuh waktu 1 hari, gua butuh sekitar 3-5 hari kalo gak salah. Itu pun dengan kondisi crankcase pecah karena gua getok pake godam, dan surplus beberaa baut, gak tau baut apaan, haha..

Lanjut ke body, dempul yang retak gua rontokin trus gua dempul ulang. TERNYATA, susah banget nge-dempul itu!. Pantesan tempat bengkel cat butuh waktu lama buat rapiin dempul. Oke, seminggu dempulan gua kelar dengan cekungan dimana-mana. haha. Lanjut cat pylok beberapa kaleng beserta clearnya.

Kondisi setelah "vermak" tahun 2006

Kondisi setelah “vermak” tahun 2006

Gila, puas banget rasanya mandangin hasil jerih payah gw yang tentunya juga dibantu bokap, abang gua dan beberapa temen sekolah. Makin pede gua ke sekolah naik ni vespa. hohoho

Tahun 2007 Penderitaan gua belum berakhir. 3 bulan setelah retorasi kecil-kecilan yang gua buat, mesin gua rontok!. Oli bocor dimana-mana, pengapian kacau, drat baut di crankcase buat silinder dol semua. Oke, cukup. I’m quit!

lovely yellow vespa (2)

Tahun 2006 masih mesin yang lama. Nganggur karena muak trouble mulu, hahaha

Hingga akhirnya datang keajaiban, Nyokap gua yang baik nawarin gua untuk cari mesinnya aja. Gilak, seneng banget dah gua, love u Mom :D Dibantu abang gua, mulailah perburuan mesin batangan buat vespa gua ini. Akhirnya dapet juga mesin vespa excel. Singkat cerita naiklah mesin baru ke vespa gua ini. Ibarat dapet nyawa baru, tenaganya suangarr, maklum excel tahun 90’an.

Oh ya satu lagi, semenjak pakai mesin baru, tentu kelistrikan berubah total, dari platina ke CDI, aki, dan paling spesial ELECTRIC STARTER!. Ceritanya gw parkir di sekolahan dekat pos satpam. Pulang sekolah gw berjalan ke parkiran seperti biasanya, petugas satpam memeriksa karcis tiap motor yang keluar, dan kemudian terdengar “creekekekekkk bruuuummmm“. Spontan pusat perhatian menuju ke gua. Vespa gua make starter boookkk. Body tua tapi teknologi muda, wkwkwk. Akhirnya gua pulang dengan bangganya. HAHAHA…

Tahun-tahun selanjutnya : Problem mulai berkurang, walaupun tetep ada, tapi ya setidaknya nggak seperti dulu. Mesin yang lama tersimpan di gudang. Sempat terpikir pengen cari body satu lagi buat mesin aslinya (ternyata gak kapok juga).

Banyak kenangan tersimpan dengan vespa ini, suka, duka, bahkan asmara. Tapi soal asrama, eh asmara gak usah dibahas dah. haha… Pernah juga dikejer guru waktu kabur bimbel sekolah sama temen, gas puoll. wkwkwk. Pernah juga jatoh kepleset di terminal waktu abis ujan jalan licin, malu banget dah gw.

M2081S-1029

Pagi-pagi, serempak berangkat semua. Gw sekolah, mbak  gw yang cakep dan baik hati pergi mengajar

lovely yellow vespa (8)

Tahun 2007 – selesai orientasi awal kelas 3 SMA

lovely yellow vespa (10)

Pulang perpisahan SMA. Stylish banget dah gua di jalan. wkwkwk

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Vespa gua bisa angkut puluhan orang sekaligus, hahaha

SyntekExifImageTitle

Jaman kuliah D3. Turing biasanya di depan, maklum, kalo di belakang takut ketinggalan, wkwkwk

lovely yellow vespa (14)

Waktu surve tempat makrab buat adek tingkat kuliah. Masuk kebon, naik-turun bukit, jalan tanah bebatuan, lahap semua, wkwkwk

lovely yellow vespa (3)

Pasca Musyawarah Akbar HIMATEM tahun 2008

lovely yellow vespa (4)

si Asep doyan banget minjem vespa gua, pinjem bentar eh gak taunya dibawa kabur entah kemana. terakhir kabar doi dah merit. gw kapan ya?, hahaha

lovely yellow vespa (16)

Ponakan gua Azka yang doyan naik vespa om nya

lovely yellow vespa (17)

Azka gak mau kalah. Engkol terusss… hahaha

lovely yellow vespa (18)

Kalo denger suara pintu garasi kebuka, Azka langsung kabur ke luar. Gak mau ditinggal, siap duluan dengan helm ke-gedean-nya. hahaha

Gw punya cita-cita restorasi total si semok kuning, entah kapan bisa terlaksana gua gak tau pasti. Yang jelas niat udah ada, tinggal tunggu watu yang tepat dan rejeki yang cukup.

Yah, itulah sekelumit cerita tentang vespa kuning gua yang banyak memberi warna kuning dalam hidup gua. Harganya sih kalo di rupiahkan sih gak seberapa, tapi nilai CERITA dan KENANGAN nya yang gak bisa di-rupiahkan . . . . . .

About these ads

Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s