Mudik Surabaya – Lampung 90 Ribuan

Mudik!, hal wajib buat para perantau, termasuk saya sejak kuliah di Surabaya. Nah kali ini saya cuma bagi cerita dan pengalaman soal mudik tahun ini (2013-red). Seperti biasa dan kebanyakan mudikers lainnya, pasti yang jadi pertimbangan utama sebelum mudik adalah soal ongkos!, nah yang luar biasa dari mudik tahun ini adalah ongkos perjalanan dari surabaya ke kota kelahiran saya bandar lampung, cuma habis 90 ribuan!, yap benar!!! SEMBILAN PULUH RIBUAN!, koq bisa?, Bisa donk!

Tiket perjalanan saya dari Surabaya ke Jakarta. Only 10 ribuan aja, hehe

Tiket perjalanan saya dari Surabaya ke Jakarta. Only 10 ribuan aja, hehe

1. Surabaya – Jakarta

Nah penghematan luar bisa terjadi disini. Kebetulan saya dapet tiket promo kereta executive Argo Anggrek dengan harga tiket 10 ribu rupiah dari harga normal 300 ribuan! plus biaya adm 7.500-, jadi total perjalanan saya dari surabaya ke jakarta cuma habis 17.500! Karena saya mudik saat puasa, pihak KAI memberikan makan sahur gratis!, wow makin asik aja perjalanan, hehe… Promo ini saya dapet kabar dari kawan kuliah di surabaya, kebetulan dapet info pas awal diberlakukan promo ini. Sekalian juga diambil tiket PP dan bebas mili kereta, karena masih kosong.

Bahasa Indonesia: Argo Bromo Anggrek Siang

Bahasa Indonesia: Argo Bromo Anggrek Siang (Photo credit: Wikipedia)

Tips : Tahun depan, kalo mau mudik lagi, 1-2 bulan sebelum lebaran, rajin2 cek web KAI ataupun maskapai penerbangan, siapa tau ada promo dahsyat seperti ini lagi :)

2. Jakarta – Bandar Lampung

Di jakarta saya turun di stasiun Gambir, lanjut naik busway ke terminal Kalideres dengan tiket 3500. Di Kalideres saya naik bus AC Ekonomi tujuan Merak dengan ongkos 25.000 rupiah. Tiba di Merak, lanjutkan lagi perjalanan menyeberangi selat Sunda dengan kapal ASDP tiket 13.000 rupiah. Perjalanan laut ditempuh sekitar 2,5 jam hingga kapal bersandar total. Di pelabuhan Bakauheni lanjut lagi perjalanan menggunakan bus AC Ekonomi dengan tiket 30.000 rupiah sampai terminal Rajabasa. Perjalanan sekitar 3 jam hingga akhirnya tiba di terminal. Selanjutnya perjalanan disambung dengan mikrolet dengan ongkos 3000 rupiah sampai depan gang rumah. Fiuhh,, sampai juga akhirnya :)

English: Port of Bakauheni, Lampung, Indonesia...

English: Port of Bakauheni, Lampung, Indonesia Shipname: BSP III IMO number: 7230616 日本語: ランプン州のバカウフニ港にあるフェリー (Photo credit: Wikipedia)

3. Kesimpulan

Nah, setelah dikalkulasi, total perjalanan mudik 2013 saya ini cuma habis ongkos 92.000 rupiah! Busyet, ini rekor terbaik mudik hemat saya :D Sebenarnya bisa ditekan lagi ongkos perjalanan, yang perjalanan menggunakan bus beralih ke bus full ekonomi. Tapi saya enggak mau nyiksa badan, udah capek duluan perjalanan kereta soalnya, juga kondisi lagi puasa, belum lagi godaan di jalan amat sangat luar biasa :)

Nah, untuk perjalanan kembali ke Surabaya, rencana tetap sama, namun dari bandar lampung ke jakarta saya memilih naik damri yang lebih nyaman biar bisa istirahat dengan ongkos 150 ribu. Lanjut dari jakarta ke surabaya dengan kereta executive lagi, dengan tiket 10 ribu rupiah. Masih hemat yang mudik, tapi gak apa-apa. Tiba di surabaya pagi, mau langsung ke kampus soalnya, jadi mesti saving energi :D

About these ads

3 thoughts on “Mudik Surabaya – Lampung 90 Ribuan

Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s