Tips SW : Mengimport/membuka dan merender file DWG di Solidworks

Sedikit tips buat yang belum tau (termasuk ane yang baru tau,hehe…), kalo yang udah tau mohon koreksinya, siapa tau ada yang kurang. “Sampaikanlah walau hanya satu ayat..”, yap, itu dia yang memberanikan ane menulis artikel ini. Tips ini ane dapet hasil sharing di Komunitas CAD Facebook. Bagi yang punya FB, silahkan search n gabung. Oke langsung saja tutorialnya🙂

1. Langkah pertama tentu saja menyiapkan file DWG yang akan dieksekusi🙂 Pada tulisan ini ane menggunakan SW2009. Buka SW, lalu pilih open. Saat open, ganti file type menjadi DWG, browse file yang akan dibuka, klik open.

2. Pada DXF/DWG Import, pilih import to a new part, klik next

3. Jika gambar sebelumnya terdapat banyak layer, dan ada salah satu layer yang tidak ingin di import, lakukan pengaturan di sini. Jika sudah, klik next.

4. Selanjutnya pilih Import this sheet as 3d curve, seperti simulasi gambar dibawah ini, lalu klik finish.

5. Tunggu loading🙂

6. Jreeeennggg… anda telah berhasil mengimport file DWG dengan sukses!.. selamet yak🙂

7. Silahkan save dengan format solidworks part tentunya🙂

Nah jika telah berhasil mengimport file dwg tadi dan telah dirubah menjadi file solidworks, tentunya gambar tadi bisa dirender dengan photo view. Berikut beberapa langkah yang mungkin berguna (bagi yg belum tau tentunya…), yang sudah tau mohon koreksinya ya🙂

1. Buka photo view 360. Pada SW2009 photo view terpisah dari solidworks. Pada toolbar atas ada beberapa tools, diantaranya open file, materials, environment, dst…

2. Klik open file, dan pilih file yang telah kita import tadi. Jika posisi gambar kurang pas, gunakan pan tool, ataupun rotate dan zoom. seting gambar agar terlihat oke.

3. Klik material, maka akan muncul materials directories. Dibagian atas terdapat scroll bar yang dapat digeser kanan daan kiri. Gunakan untuk memperbesar ataupun memperkecil thumbnail preview materials. Untuk mengaplikasikan material, drag material ke body/face dari gambar. Maka material akan otomatis teraplikasi ke gambar. Hal yang perlu diperhatikan adalah setting yang aktif, apakah body, face, atau assembly. Berbeda setting, maka pengaplikasian material akan berbeda pula. Silahkan mencoba untuk mengetahui perbedaannya🙂

4. Pada environment lakukan hal yang sama. Klik 2x pada environment yang dipilih. Lakukan pan atau pun rotate pada envirnment jika belum pas.

5. Jika semua sudah oke, sekarang tinggal proses render. Klik render setting. Pada jendela render setting bisa diatur enviroment properties, mulai dari rotate dan jarak ground. Kemudian bisa dipilih image output yang diinginkan. Kualitas render juga disetting. Namun ingat : semakin tinggi kualitas render, maka proses render makin lama. Jika sudah oke, klik Render.

6. Proses render akan segera berjalan. Pada bagian status, bisa dilihat sudah berapa persen complete. Setelah render selesai, gambar output bisa di save, klik save image.

7. Untuk mendapatkan hasil render yang baik, butuh pengalaman trial dan error. Namun seiring jalannya waktu dan semakin seringnya merender, maka kita akan semakin mahir menentukan material dan settingan yang tepat.

Oke. Akhirnya selesai juga tulisan ini (fiiuhh…..). Moga bermanfaat🙂

Originally written by Yadi Setiadi.

8 thoughts on “Tips SW : Mengimport/membuka dan merender file DWG di Solidworks

  1. gan saya mw tanya, saya udah instal solidworks.. tapi gak bisa dibuka, cuma muncul gambar depannya doang..
    udah gitu gak kebuka aplikasinya, udah dicoba instal ulang berkali-kali tetep gabisa gan.. gimana ya.. mohon pencerahannya.
    Solidwork saya 2009 sp0.0

Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s