[Part-1] Bedah Software Komputer PC dan Laptop Berguna

Artikel ini saya tulis berdasarkan pendapat serta pengalaman saya sendiri. Apabila ada ketidaksesuaian dengan anda silahkan berikan masukan di bagian komentar😀 – yadi setiadi-

[ Part – 1 ] Bicara soal software, pasti tiap orang punya pendapat yang berbeda-beda. Pada post ini saya gak akan bahas soal itu. Saya cuman mau share, apa aja sih software yang saya gunakan dan seberapa bergunanya software tersebut. Coba perhatikan screenshot desktop saya ini :

udah keliatan kan beberapa software yang saya gunakan?. Agar mempermudah maka jenis software saya kelompokkan menjadi beberapa kelompok. Berikut bahasannya :

Antivirus

Jika spesifikasi PC/Laptop anda mumpuni, saya menyarankan pakai Kaspersky. Jika pas-pasan cukup pakai Avira aja udah oke koq. Download Avira Free Antivirus disini. Untuk update offlinenya disini.

Desktop Tools

Untuk visual winXP, saya sudah mencoba berbagai macam skin yang ada, dan akhirnya menyimpulkan, skin bawaan winXP yang blue standard adalah yang terbaik!. Kenapa?, secara kenyamanan mata, performa, dan simplisitas oke sekali. Untuk Win7 tentunya lebih fleksibel soal skin. Download skin/themes win7 disini. Di win7 juga disediakan gadget, mulai dari kalender, jam, dll. Tapi pertanyaannya apa berguna?, jam dan kalender sudah tersedia di pojok kanan bawah, jadi untuk apa lagi?, daripada buang-buang resource gak guna, mending dialokasikan untuk yang lain. Saya menggunakan Black glass CPU Meter, untuk tau besarnya resource cpu dan ram yang digunakan (download disini). Jika anda selalu terhubung dengan koneksi internet, bisa ditambah dengan gadget weather, dll.

Driver

Anda pasti tau doank soal ini, hukumnya wajib😀

Font

Jika PC/Laptop hanya untuk keperluan kantor, saya rasa gak perlu nambah font. Tetapi lain cerita jika anda bekerja di bidang design. Di google bisa anda cari sendiri koleksi font gratis yang bertebaran di internet. TAPI, ingat! makin banyak font yang anda instal, makin berat start up windows anda!

Game

Hmm.. saya rasa gak perlu di jelaskan lah ya…😀

Internet

Browser+downloader adalah aplikasi yang gak terpisahkan. Saat ini saya menggunakan Mozilla firefox7 dan Internet download manager 6.07. Kenapa?, karna itu kombinasi saat ini yang pas. Butuh juga?, silahkan download disini. Aplikasi lain Yahoo messager, skype (offline installer download disini), dan teleport pro (untuk download webpage dengan kedalaman download yang bisa kita atur)

Windows Update – Runtimes

Kelompok ini di dalamnya ada Microsoft Net Framework, directx, java, flash player, shockwave, dll. Kesemuanya merupakan pendukung windows.Daripada repot download satu persatu, silahkan download Aio-Runtimes disini (perhatikan versi 32 tau 64 bi nya), semuanya sudah di combine jadi satu😀

Multimedia

Wah, ini sih juga wajib😀 Saya biasa gunakan K-lite codec pack, Gom Player, Winamp, Format factory (free multimedia converter), dan camtasia

Office

Walupun sekarang sudah ada office2010, tapi saya masih nyaman office 2007 tuh😀 Untuk aplikasi pdf, saya gunakan foxit phantom, lebih ringan, installer kecil, dan serbaguna. Untuk converter saya gunakan pdfzilla, kemudian ada juga tambahan office visio, dan beberapa template power point. ——> bagian ini akan saya bahas di lain postingan.

Photograph – Grafis

Aplikasi wajib yang saya pakai : Adobe photoshop CS2 + plugin+brushes nya, corel draw dan ACDSee ——> bagian ini akan saya bahas di lain postingan.

Utility

Banyak sekali utilitas yang beredar di internet, tapi saya biasa gunakan : CpuZ, Everest Ultimate, GPUZ, HJSplit, HWMonitor, Nero8, TeraCopy, Turn Off LCD, Ultra Iso, Winrar, CCLeaner, Fraps, dan unstoppable copier. ——> bagian ini akan saya bahas di lain postingan.

Software Khusus (Engineering)

Berhubung background saya mahasiswa teknik, maka ada beberapa software yang tergolong tidak umum. Tentunya software yang mendukung keseharian saya, diantaranya software CAD, converter, kamus, dll ——> bagian ini akan saya bahas di lain postingan.

=======================part 1 end=========================

Di lain kesempatan akan saya bahas beberapa kelompok diatas, karena butuh penjabaran serta link-link download yang bagus (resumable dan high speed tentunya). Moga artikel ini bermanfaat. Jkalau mau REQUEST juga silahkan, berikan coment dibagian bawah ya😀

2 thoughts on “[Part-1] Bedah Software Komputer PC dan Laptop Berguna

Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s