Bersih-bersih Laptop Yuk!

Zaman sekarang laptop sudah menjadi kebutuhan wajib terutama buat mahasiswa. Mayoritas, hampir 70% mahasiswa yang saya temui punya yang namanya laptop alias komputer jinjing ini. Nah, yang jadi problem disini adalah mayoritas penggunanya justru acuh tak acuh terhadap kondisi laptopnya itu sendiri.

Notebook atau laptop memiliki pendingin berupa heatpipe yang kontak langsung dengan processor, dan heatsink sebagai pembuangan panas yang dibantu oleh fan. Nah, seiring baerjalannya waktu, biasanya pada bagian fan dan heatsink akan banyak debu yang menempel. Hal ini akan mengakibatkan proses pelepasan panas menjadi tidak sempurnya. Untuk itu perlu dilakukan Periodic Maintenance terhadap notebook, yaitu dengan membersihkannya (cleaning).

English: Laptop heat pipe

English: Laptop heat pipe (Photo credit: Wikipedia)

Kegiatan bersih-bersih ini bisa dilakukan dilakukan diservice center, namun kebanyakan owner laptop cenderung malas, hal ini terkait masalah waktu yang tidak ada, serta biaya yang mahal. Nah, saya akan memeberikan tips serta tutorial singkat untuk membersihkan laptop kita sendiri.

Warning !!!Lakukan hal dibawah ini dengan hati-hati. Pastikan garansi sudah habis, karna akan menyebabkan hilangnya garansi. Jika anda belum berpengalaman, mintalah didampingi rekan/teman/orang yang berpengalaman

Peralatan :

  • Obeng plus dan minus sesuai ukuran baut, bisa gunakan obeng set
  • Kuas kecil, jika tidak ada bisa gunakan sikat gigi bekas yang memiliki kontur halus
  • Sedotan/pipet
  • Senter
  • Kertas putih
  • Kotak penampung bekas, untuk menampung baut
  • Masker

Nah, langkah-langkahnya :

1. Lepaskan baterai dari tempatnya. Cek posisi baut-baut yang ada. Pastikan semuanya terlihat dan tak ada yang terselip. Hal ini untuk menjamin saat anda membuka covernya tidak keras dan merusak casing.


2. Kendurkan dan lepaskan semua baut yang mengikat. INGAT, pastikan semua yang berhubungan dengan kesing penutup terlepas! Kumpulkan baut pada satu tempat. Hal ini untuk menghindari hilangnya baut karena ukurannya yang cukup kecil.


3. Naaahh… cover belakang telah terbuka. Pada tutorial ini saya menggunakan laptop saya sendiri, MSI FX400. Dari sini bisa terlihat kondisi daleman laptop yang berdebu serta komponen-komponennya.


4. Tips : Dalam kondisi terbuka ini, sebisa mungkin dokumentasikan serta catat serial komponen-komponen penting anda, seperti hardisk, ram, dll. Hal ini untuk menghindari praktek curang service center yang menukar komponen kita.


5. Lepaskan fan cover, serta lepaskan kabel power dari jumpernya. Lakukan dengan hati-hati, dan kumpulkan baut-bautnya.
Tuh kan terlihat kondisi kipas yang kotor.


6. Setelah fan terlepas, ambil kertas dan senter. Letakkan kertas di tempat kipas semula dipasang. Nyalakan senter dan arahkan ke arah heatsink. Tuh, kelihatan, sinar senter tidak bisa menembus celah heatsink karena tertutup debu.


7. Ambil kuas atau sikat gigi bekas. Bersihkan debu pada heatsink dan kipas. Lakukan dengan hati-hati, jangan sampai debu justru menyebar ke komponen lainnya. Manfaatkan kertas sebagai penampung.


8. Jika pada bagian tengah tidak terjangkau, manfaatkan pipet untuk meniup bagian dalam. Sekarang bandingkan dengan kondisi sebelumnya. Setelah bersih, cahaya bisa masuk dan tembus dengan leluasa😀


9. Cek kembali kotoran serta debu yang menempel


10. Jika sudah yakin bersih, pasang kembali komponen seperti semula. INGAT, jangan sampai ada yang tertukar ataupun tertinggal.


11. Pasang cover belakang. Pastikan posisinya pas, agar jepitan cover tidak rusak.


12. Setelah beres, silahkan dihidupkan🙂

Sebelum dibersihkan, 3 bulan belakangan ini, biasanya main PES2012 bisa lag setelah 1 jam. Sekarang, lancar jaya. Dan kebetulan saya juga doyan ngulik CAD, maka performa makin oke, palagi buat rendering yang mebuat procie cepet panas😀

Yah… demikianlah. Capek juga yah..😀

28 thoughts on “Bersih-bersih Laptop Yuk!

  1. model peraganya tampan,, makasih banyak infonya.. tp msh blm brani melakukan ndiri,, mohon bantuannya untuk mendampingi..🙂

  2. mantab infonya, terimakasih bro..
    kebetulan mau bersihin fx 400 saya yang hobi ngelag, kalo main pes 2012 sekitar 10 menit..

  3. ampuh dah kalo heatsink dibersihin. suhu laptop bisa turun 4-7 derajat.
    bikin tutorial ganti thermal paste + pasang copper plate sekalian mas bro. hehe

    • Dari sana nya udah di kasih thermal paste koq. Tapi klo misal heatsink nya dibuka, jelas perlu di kasih thermal paste lagi. Tapi pakai thermal paste yang bagus ya, semisal keluaran cooler master, dll

  4. Wah, nubi kayak saya belum berani, padahal laptop inventaris kantor panasnya minta ampun. pake software battery care bisa sampe kedetek panas CPU 80 derajat celcius.

  5. gan, pernah ganti thermal paste laptop ini gan ?
    kalo laptop ane,sampe 91 C buat nge game
    ngerii.
    kalo agan pernah ganti thermal paste,mohon tutornya gan
    terima kasih sebelumnya. saya mau coba tutor yg ini.

    • Pernah, tapi yang HP…
      Ya mending di bersiin sambil ganti thermal pasta gan kalo dah bertahun2 gak di ganti.. oia bagian chipsetnya bukan make pasta ya,, make thermal tape dgn ketebalan tertentu… cmiiw

      • ane malah blm pernah bongkar,garansi nya masi sampe bulan 11 taun ini,syg sbenernya.
        belum ngeh sama thermal paste dan tata caranya,ane sambil baca2 jg d forum2.

  6. Ini thread yang saya cari2, thanks for sharing. Tapi ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan jika mas Yadi tidak keberatan.

    Saya juga pengguna MSI FX400, belakangan ini laptop suka overheat padahal cuma dipake main catur di facebook, lalu shutdown sendiri, kadang kalo baru turn on suka blue screen katanya memory dump, bla…bla…bla… Pengalaman saya kalo begini ram’nya bermasalah, nah saya mau bongkar tapi setelah copot semua bautnya, panel belakang tetep gak mau terbuka. Saya agak takut maksa congkel, takut patah..

    Kira2 ada triknya gak? entah ada yang di geser2 gitu…??

    Mohon bantuannya, saya sedang garap skripsi, butuh laptop ini tetap fit..

    Terima kasih…

    • wah, ane gampang kok gan buka blakangnya. panel belakang ini maksudnya yg plastik kan ?
      ane udah beberapa kali bongkar cuma buat bersihin fan doang, lancar. itu ada semacam pengait nya, plastik jg. di congkel dikit pake obeng, tapi hati2 patah kayak punya saya, hehe

Tinggalkan Pesan

