Java Long Tour – Part 1

Libur telah tibaa..
Libur telah tibaa..
Hore… horee…

Yeay!, libur semester 3 akhirnya datang juga. Setelah sebelumnya berjuang, bertempur, dan berakhir dengan hasil sangat memuaskan, walaupun tetap ada mata kuliah yang mengulang (gubrak.. ). Seperti kebanyakan mahasiswa rantau lainnya, tentunya tujuan utama liburan adalah kampung halaman. Ya!, pulang kampung reek!. Kuliah di Soerabaja – the city of heroes- sebuah kota paling timur pulau jawa, sedangkan keluarga di Bandar Lampung -kota tapis berseri- sebuah kota yang lagi-lagi “paling” selatan pulau sumatera.

Pulang ya tinggal pulang. Duh, gak asik donk!. Segera saja teringat obsesi libur semester lalu. Ya!, aku ingin sekali menjelajah setiap jengkal pulau jawa ini. Yah, dengan penyimpangan hingga 90%, maka minimal tiap ibu kota provinsi di pulau jawa “harus” sudah pernah aku sambangi laaahh.. 😀

Surabaya – Bandar Lampung, 1034 KM jarak yang harus ditempuh, sayang banget kan kalo semuanya cuma numpang lewat?

Setelah cek N ricek jadwal serta event terdekat, ada avent yang cukup menarik. Focus group discussion – Computational Fluid Dynamics, semacam pertemuan rutin yang membahas perkembangan komputasi fluida. Hemm.. kebetulan banget, sambil jalan-jalan mampir juga disini, mumpung acaranya sesuai dengan background kami –mechanical engineering-. Oh ya, acaranya dilaksanakan di PT. Dirgantara Indonesia, Bandung.

Nah, sekarang saatnya mengumpulkan personel. Berangkat sendirian gak asik donk. Mosok foto-foto sendiri :p. Setelah bergerilya, menyampaikan ide, meyakinkan, tipu daya, maka fix kita berangkat berempat. Dengan asal usul yang berbeda-beda tapi tetap satu jua -bhineka tunggal ika-, utusan dari bandar lampung -aku sendiri-, malang -sandi-, klaten -aria-, dan terakhir semarang -aves-.

Para jejaka tangguh (atas kiri : yadi, sandi, aria, aves) dan supporting division (alif, abenk)

Setelah berdiskusi serta musyawarah untuk mufakat, maka jadwal akhirnya telah ditetapkan.

  • 14 juli 2012 malam, aku dan sandi berangkat dari surabaya. Cari bus malam di terminal purabaya a.k.a bungurasih sidoarjo -thanks bro alif dan abenk, udah repot nganter ke terminal-. Awalnya sih kita mau menekan biaya seee…minimal mungkin. Liat-liat bus ekonomi.. jiaaahh.. nahas!. alamat gak bisa istirahat!. Akhirnya naik patas. Kurang familiar sih nama busnya, tapi masih satu grup dengan PO. Indonesia. Ongkos surabaya-semarang dipatok 60 ribu rupiah. Naik jam 10 malam, dan diharapkan tiba pukul 6 pagi esok harinya.

    Rute perjalanan Surabaya-Semarang (323 km) lewat tuban a.k.a pantura dengan estimasi waktu tempuh 6 jam

  • 15 juli 2012. Planning : keliling semarang, makan-makan, foto-foto, dan malamnya berangkat ke bandung. Sekali lagi, kita berusaha menekan biaya dengan mencari bus ekonomi ajaah..

Trayek semarang – bandung. Jarak 368 km ditempuh dengan estimasi waktu 7~8 jam perjalanan

  • 16 juli 2012. Planning : tiba di bandung, cari penginapan, makan-makan, jalan-jalan, foto-foto, happy, dan malam istirahat di penginapan mewah
  • 17 Juli 2012. Planning : pagi hingga sore di PT. DI, malam jalan-jalan dan makan-makan. Malamnya berangkat ke jakarta dengan kereta ekonomi.

Perjalanan ke ibukota kurang lebih 3 jam dari kota kembang dengan jarak 149 km

  • 18 Juli 2012. Planning : tiba di jakarta pagi hari. jalan-jalan, makan-makan, happy-happy, singgah tempat rekan-rekan SMA dulu

    Perjalanan jakarta -bandar lampung ditempuh dengan waktu 5 jam perjalanan darat dan 3 jam perjalanan laut

  • 19 Juli 2012. Planning : pulang ke lampung ..  dan esoknya puasa pertama di rumah😀

Hmm… rencana yang sungguh matang. Semoga😀

to be continued….

Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s