Kisah Tes Tripatra Jogja

Berawal dari info tentang lowongan posisi engineer di Tripatra, iseng-iseng aja dah apply lamaran. Karena status gua belum lulus dan masih semester akhir jadi ya nggak terlalu berharap dipanggil. Waktu itu terakhir apply tanggal 28 mei, dan tanggal 29 gua dapet sms panggilan tes di jogja tanggal 31 mei. Buset dah, mepet banget panggilannya.

Setelah menimbang, memperhatikan , dan memutuskan, maka berangkatlah ke ke kota jogja berhati nyaman. Oh ya, gua berangkat dari surabaya kota pahlawan via jalur darat dengan bus Mira ekonomi AC tarif biasa,, ini bukan promosi lho😀 Lumayan murah meriah 38k udah nyampe jogja, yah walaupun perjalanan molor jadi 9,5 jam #fiuhh..

Test digelar di University Club UGM. Untung aja ada konco yang kuliah di jogja dan kebetulan doi dapet panggilan test juga (wah, saingan neh,, hihihi). Tes tanggal 31 mei terbagi menjadi 2 sesi : Psikotest dan Technical test, dan rupanya sorenya langsung diumumkan hasilnya. Bagi yang lolos tes hari pertama maka lanjut wawancara esok harinya.

test tripatra jogja

Suasana test di University Club – UGM

Psikotest :

Seperti psikotest biasanya : test gambar, test kepribadian, menggambar pohon dan orang, dan klimaksnya test Pauli (test koran) ukuran A1 dan ini yang membuat kepala ane berdenyut kencang. Maklum, baru pertama kali ikut test model begini, wkwkwk

Technical test :

Terdiri dari 10 soal essay. Berhubung gua bagian mechanical, jadi hanya tau test mechanical yaa… Testnya sederhana berupa pertanyaan : gambarkan dan jelaskan. Soal yang di ujikan kemarin :

  1. Tentang mekanika statik (statika struktur) dan mekanika kekuatann material
  2. Siklus refrigerasi
  3. Proses manufaktur
  4. Pompa dan kompresor (2 soal)
  5. Pipa
  6. Siklus motor bakar
  7. Material (2 soal)

Untuk technical test waktuya cukup panjang, sekitar 120 menit. Berasa UAS deh jadinya,, hehe..

Tugu Jogja

Sebelum kembali ke Kota Pahlawan, hunting foto dulu buat kenang-kenangan😀

Nah, berhubung gua gak lolos hari pertama (hiks…) maka tentang interview gua gak bisa jabarin disini. Maklum yaa… doakan aja kalo test lagi bisa sampe interview bahkan lolos (aamiin..), ntar gua jembreeng disini,,😀

13 thoughts on “Kisah Tes Tripatra Jogja

  1. mau tanya dong gan total waktu tesnya (psikotest dan teknikal) berapa jam ya? terus ada istirahatnya? hehe, saya kan ada jadwal psikotest dan teknikal jam 1 di tripatra, tapi jam 4 ada tes di tempat lain, gak sempet ya sepertinya😦

    • Pagi diawali dgn presentasi perusahaan lanjut psikotest sampe siang, lalu istirahat dan salat. Jam 1 mulai lagi tes teknikal, kurang lebih 150 menit waktunya.. tapi kemaren 1 jam aja udah pada selesai koq🙂
      Btw, tes dimana?

      • Oh kmren saya ga ada presentasi perusahaan dan gak jadi ada technical test, jadi psikotest aja haha. Di itb gan dari jobfair itb😀

Tinggalkan Pesan

