[FREE] CFD Fluent Demo CD

Kali ini saya mau sekedar share demo CD dari Fluent. Mungkin bagi temen-temen yang baru belum tau, bakal timbul pertanyaan:

Q : Apa itu CFD?

A : CFD = Computational Fluid Dynamics. Ingat! bukan car free day ya.. atau colorfull fluid dynamics karena warna-warni banyak rupanya

Q : trus, apa itu Fluent?

A : fluent jika di terjemahkan artinya lancar, kaitannya dengan kemampuan berbahasa, in ex: can speak english fluently.. nah lho.. bukaaannn.. bukan itu… Fluent merupakan software yang dirancang untuk melakukan perhitungan numerik terhadap fenomena fluida yang mengalir.

Q : bisa jelaskan lebih detil?

A : gak bisa!, silahkan search sendiri yaaa 😀

Tampilan Fluent Demo CD

Demo CD ini berisi penjelasan :

  1. Kenapa kita harus menggunakan CFD?
  2. Kenapa menggunakan Fluent?
  3. Demo dari fluent
  4. Aplikasi dari CFD
  5. etc….

Nah, kalo minat silahkan DOWNLOAD DISINI yah…. Moga bermanfaat 😀    

Advertisements

Komunitas CAD Design Challenge II

Surabaya, 29 Oktober 2012 – Selamat Hari Sumpah Pemuda! 😀

Walaupun hari sumpah pemuda udah lewat, tapi gak haram donk teriak-teriak sumpah pemuda?, biar tetep semangat rek.

Oke, biar para pemuda Indonesia tetep semangat dan terus berkarya, ada lomba design nih. Yang ngadain Komunitas CAD – Komunitas sharing ilmu-ilmu Computer Aided Design. Nah, berikut infonya :

Menyambut Kopdar dan Seminar Nasional ke 3 Komunitas CAD, mengadakan “KomCAD Design Challange II”

Tema : Alat-Alat Pendukung Pertanian

Hadiah :
Juara I, Voucher Exam CSWA dan CSWP (senilai US$ 198)
Juara II, Voucher Exam CSWA (senilai US$ 99)
Juara III, Autodesk inventor mastering 3D Mechanical Design

Timeline :
1 Nov – 1 Januari : Waktu penyerahan design
2 Januari – Kopdar : Waktu Voting

Pemenang akan diumumkan pada saat Kopdar III, Malang 2013

caranya :
silakan mendesign dengan menggunakan software CAD apapun.
susun design Anda dalam bentuk pdf A4, kirim ke : info@warungcad.com

Info lebih lanjt bisa gabung ke grup Komunitas CAD (http://www.facebook.com/groups/komunitas.cad/)

Mantap nih, ikutan trus menangin hadiah utamanya 😀

Kumpulan Gambar Latihan CAD [Part-1]

Surabaya, 25 Oktober 2012

Kawan-kawan yang lagi belajar CAD, apapun itu softwarenya AutoCAD, Solidworks, Inventor, de el el biasanya agak bingung buat cari latihan. Sebenernya banyak sekali hal yang bisa kita buat. Nah, itung-itung buat nambah jam terbang ngulik CAD, berikut saya jembreng beberapa gambar yang bisa dijadiin latihan 😀

English: Solid model assembly created in NX (U...

English: Solid model assembly created in NX (Unigraphics). (Photo credit: Wikipedia)

Check this out – Oh ya, klo gambarnya kurang jelas, klik pada gambar supaya tambilan maksimum.

Continue reading

I Love Tugas Akhir

Surabaya, Oktober 2012. New Game —>GTA : Episode Soerabaja City__________

Bukan gaya-gayaan apalagi ikut-ikutan, tapi sebuah sugesti pada diri sendiri!. Buat yang kini tengah menghadapi yang namanya “Tugas Akhir” alias “skripsi”. Biasanya situasi “sakral” ini akan dilalui oleh mahasiswa tingkat 4, itupun kalau lancaaarr.. Yah, pathline tiap orang tentunya beda donk.

Bisa dibilang TA/Skripsi itu “TAKDIR” nya mahasiswa, gak bisa ditawar-tawar lagi!. Mau D3, S1, S2, S3, S4, dst, kudu-harus-wajib-mesti lewatin yang namanya TA/Skripsi atau apapun lah itu istilahnya!

Tugas Akhir/Skripsi itu MASTERPIECE nya mahasiswa Bro!

Biasanya klo mahasiswa sudah terkena sindrom TA/Skripsi, maka segala aspek kehidupannya akan berubah – drastis serta dramatis!. Yang cowok bakal lebih akrab dengan yang namanya kopi, rokok, begadang, dan laptop. Yang cewek juga bakal akrab dengan hal yang sama, tapi mungkin minus rokok, dan surplus camilan! Dan itu terbukti!, karna gw sedang mengalaminya, haha 😀

#okesip. Ada sedikit tips, saran, penyemangat, dan suplemen buat para pejuang TA/Skripsi yang gw dapet dari webnya ITS. cekidot rangkumannya :

Continue reading

Pertamina Geothermal | Education Engineering Video

UPDATE NOVEMBER 2012 : SEMUA LINK TESTED DAN OKE LANGSUNG DOWNLOAD VIA MEDIAFIRE

Energi panas Bumi adalah energi yang diekstraksi dari panas yang tersimpan di dalam Bumi. Energi panas Bumi ini berasal dari aktivitas tektonik di dalam Bumi yang terjadi sejak planet ini diciptakan. Panas ini juga berasal dari panas matahari yang diserap oleh permukaan Bumi. Energi ini telah dipergunakan untuk memanaskan (ruangan ketika musim dingin atau air) sejak peradaban Romawi, namun sekarang lebih populer untuk menghasilkan energi listrik. Sekitar 10 Giga Watt pembangkit listrik tenaga panas Bumi telah dipasang di seluruh dunia pada tahun 2007, dan menyumbang sekitar 0.3% total energi listrik dunia.

border|22x20px Iceland, Krafla geothermal powe...

Iceland, Krafla geothermal power plant (Photo credit: Wikipedia)

Pembangkit listrik

Pembangkit Listrik tenaga geothermal menggunakan sumur dengan kedalaman sampai 1.5 KM atau lebih untuk mencapai cadangan panas bumi yang sangat panas. Beberapa pembangkit listrik  ini menggunakan panas dari cadangan untuk secara langsung menggerakan turbin. Yang lainnya memompa air panas bertekanan tinggi ke dalam tangki bertekanan rendah. Hal ini menyebabkan “kilatan panas” yang digunakan untuk menjalankan generator turbin. Pembangkit listrik paling baru menggunakan air panas dari tanah untuk memanaskan cairan lain, seperti isobutene, yang dipanaskan pada temperatur rendah yang lebih rendah dari air. Ketika cairan ini menguap dan mengembang, maka cairan ini akan menggerakan turbin dan generator.

Continue reading

BBC – How to Build a Super Jumbo Wing (2011)

Britain merupakan salah satu world leader dalam bidang aerospace manufacturing. UK terkenal akan reputasinya dalam pembuatan salah satu komponen pesawat, yakni sayap (wing). Jika kita bicara sayap, siapapun pasti yang terbayang hanyalah 2 hal, jika tidak burung, ya pesawat terbang 😀 mau secanggih apapun teknologi, sayap (wing) selalu identik dengan pesawat.

ILA 2008: body of an Airbus A380 which taxis a...

Penampakan Airbus A380 setelah landing. Source : Wikipedia

Postingan yang lalu saya upload tentang pembuatan jet enginenya, nah kali ini giliran sayapnya. Tenang aja, gak kalah keren koq 🙂

Sayap Airbus A380 merupakan sayap terbesar yang pernah diproduksi untuk pesawat komersil (setidaknya hingga film ini dibuat). Panjangnya 36,3 meter dan lebarnya 17,7 meter. Material yang terpakai untuk satu buah sayap adalah 46 meter, sehingga menghasilkan total panjang dari ujung ke ujung sayap mencapai 79,8 meter. Ini berarti menjadikan A380 sebagai the worlds biggest passenger aircraft.

Nah, pada film ini diambil di dua pabrik utama Airbus di UK. Di Filton, dekat Bristol (saya juga belum pernah ke UK :P) kita akan berjumpa dengan engineers dan designers yang bekerja pada bagian cutting-edge research and development facility. Sedangkan di Broughton, North Wales, salah satu pabrik terbesar di Eropa, kita akan berjumpa dengan orang-orang yang secara langsung membuat dan merakit sayap (wing) tersebut.

Oke, langsung saja nikmati suguhan film iptek bernuansa teknologi ini 😀

Continue reading

BBC – How to Build Jumbo Jet Engine

Salah satu film engineering documenter yang membuat saya terkagum-kagum. Film ini memperlihatkan bagaimana para engineer bekerja keras dalam menciptakan suatu karya yang luar biasa. Kita akan menyaksikan bagaimana proses pembuatan jet engine pesawat Boeing terbaru, New 787 Dreamliner. Pihak Boeing mempercayakan urusan engine kepada Rolls-Royce’s yang memang sudah terkenal dengan kualitas jet engine-nya. Kita akan menelusuri dari awal proses design, manufacturing, assembling, dan testing.

Diagram of a typical gas turbine jet engine (i...

Image via Wikipedia

Film ini sangat memotivasi kita, bagaimana sebuah team work yang solid, serta professionalitas suatu team engineering akan mampu menghasilkan suatu mahakarya “Trent 1000 jet engines”. Sebuah jet engine generasi terakhir saat ini yang menjadikan Rolls-Royce’s menjadi salah satu raksasa di bidang teknologi jet engine. Penasaran seperti apa?, silahkan download filmnya, dan nikmati suguhan teknologinya 🙂

Screenshot :

Continue reading

Pipe Flow Calculation

Bagi seorang engineer, menganalisa maupun mengkalkulasi suatu problem merupakan hal biasa. Dalam proses pekerjaannya membutuhkan bantuan berupa tools, software, dll. Ada sebuah software menarik yang akan sangat berguna, terutama bagi pipng engineer.

Pipe Flow Wizard merupakan software kecil yang sangat powerfull (hanya 2MB). Dengan software ini kita akan bisa :

  • Mengkalkulasi pressure drop pada sebuah perpipaan
  • Mengkalkulasi fluid flow rate pada sebuah perpipaan
  • Mengkalkulasi internal diameter sebuah pipa yang diketahui  flow dan pressure-nya
  • Mengkalkulasi pipe length sebiah pipa yang diketahui flow, diameter, dan pressure-nya

Keempat hal diatas dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan memasukkan nilai parameter yang dibutuhkan, dan kesemuanya telah tersedia standardnya.

Continue reading